10 Tips Memilih Fotografer Pernikahan 10 Tips Memilih Fotografer Pernikahan
Peran fotografer dalam sebuah pesta pernikahan tentu sangat penting untuk mengabadikan momen bahagia Anda. Akan tetapi, menemukan juru foto yang tepat bukan hal mudah.... 10 Tips Memilih Fotografer Pernikahan

Peran fotografer dalam sebuah pesta pernikahan tentu sangat penting untuk mengabadikan momen bahagia Anda. Akan tetapi, menemukan juru foto yang tepat bukan hal mudah. Simak 10 Tips Memilih Fotografer Pernikahan berikut ini sebagai referensi untuk anda

10 Tips Memilih Fotografer Pernikahan

ilustrasi

1. Pelajari Hasil Fotonya
Ini langkah pertama yang paling penting. Lihat semua contoh-contoh foto dan portfolio album pernikahan yang dia hasilkan. Coba perhatikan apakah angle-angle foto dan hasil akhirnya sesuai dengan selera Anda. Perhatikan juga hal-hal kecil seperti background studio yang digunakan. Sebaiknya fotografer Anda punya background studio untuk foto full body dan menutupi lantai yang Anda injak. Ini penting jika Anda menginginkan foto satu badan penuh hingga kaki. Cek juga apakah sang fotografer punya warna background yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Pilih Fotografer Anda
Beberapa perusahaan memiliki banyak fotografer utama. Jika Anda menyukai salah satu portfolio foto, tanyakan fotografer mana yang menghasilkan karya tersebut. Sebisa mungkin Anda harus mendapatkan fotografer yang hasilnya sesuai dengan selera Anda. Jika Anda ditawari fotografer yang lain, pelajari dulu karya-karyanya. Tidak perlu takut untuk mencari vendor foto lainnya jika fotografer yang Anda inginkan tidak tersedia.

3. Kenali Fotografer Anda
Sebelum hari H, pastikan anda sudah berbicara dengan fotografer yang anda pilih dan pastikan fotografer yang anda pilih dapat diajak kerjasama dengan baik. Beritahu apa yang anda inginkan untuk foto-foto pernikahan Anda, termasuk siapa saja yang ingin Anda abadikan. Jika Anda mempunyai referensi contoh-contoh, tunjukkan kepada fotografer Anda dan tanyakan apakah memungkinkan untuk membuat hal serupa.

4. Pahami Paket yang Ditawarkan
Pastikan Anda memahami apa yang Anda dapatkan di paket foto yang Anda pilih. Hal yang perlu diperhatikan termasuk, berapa lama fotografer akan bekerja (mulai dari prewed sampai hari H), berapa album yang Anda dapatkan, berapa banyak foto studio yang Anda dapatkan, apakah Anda bisa mengajak keluarga dan teman untuk foto studio, serta apa saja yang Anda dapatkan selain album (misalnya foto kanvas atau CD kompilasi foto).

Sebelum menandatangani kontrak, Anda dan fotografer harus sepakat terhadap hal-hal tersebut untuk menghindari perselisihan di masa datang. Dengan sama-sama memahami hak dan kewajiban masing-masing semua pihak akan bisa merasa lebih puas.

5. Kenali Biaya Lainnya
Selain harga paket, adakah biaya lain yang akan dibebankan kepada Anda. Budget memang hal yang sensitif dalam merencanakan pernikahan. Karena itu, jangan sampai Anda overbudget akibat kurang teliti dalam memeriksa detail kontrak.

Beberapa fotografer juga bisa menawarkan paket ‘upgrade’ dengan beberapa nilai lebih. Jika masih sesuai budget tak ada salahnya menanyakan tentang hal ini. Momen pernikahan seumur hidup sekali tentunya pantas mendapatkan dokumentasi yang baik.

6. Tandatangani Kontrak
Sangat disarankan ada kontrak tertulis yang memuat kesepakatan antara Anda dan sang fotografer. Baca dulu baik–baik kontrak yang ada, bandingkan dengan kontrak perusahaan lain sebelum anda menandatangani kontrak tersebut jika memungkinkan. Pastikan semua keinginan Anda tertulis di kontrak untuk menghindari perselisihan di kemudian hari.

7. Waktu Penyelesaian
Beberapa perusahaan memberikkan hasil fotonya lebih cepat dengan yang lain. Pastikan anda juga membandingkan hal ini.

8. Alat–alat yang Digunakan
Jika Anda mengerti tentang dunia fotografi, tak ada salahnya menanyakan detail-detail teknis seperti apa alat yang digunakan. Jika Anda awam dengan hal-hal tersebut, amati saja dengan detail portfolionya. Apakah hasil fotonya cukup tajam, warna yang dihasilkan cukup baik, dan pencahayaannya bisa membuat gambar yang diambil lebih bagus.

9. Pertimbangkan Juga Dokumentasi Video
Biasanya fotografer menawarkan satu paket dengan dokumentasi video. Lihat juga hasil karya videonya selama ini. Bicarakan juga video apa yang Anda harapkan untuk mengetahui apakah si vendor sanggup melakukannya. Jika Anda memilih vendor yang sama dengan foto, usahakan untuk meminta harga spesial untuk pemesanan paket foto dan video. Jika Anda harus memilih vendor lain, tentukan bersama pasangan, mana yang lebih penting. Foto atau video. Di vendor yang mana Anda bersedia untuk menghabiskan porsi budget lebih.

10. Dokumentasi Paket Pernikahan

Jika anda merasa bingung atau kesulitan dalam menentukan dokumentasi fotografi yang akan di gunakan dalam pesta pernikahan, anda bisa memakai jasa wedding organizer yang menawarkan Paket dokumentasi dalam paket pernikahan yang di tawarkan. Anda bisa berkonsultasi sehingga pihak wedding organizer akan membantu anda memenuhi keinginan anda dalam dokumentasi pesta pernikahan yang anda inginkan. Seperti JK Wedding Production, Vendor Wedding yang menawarkan Paket Pernikahan Komplit dengan kualitas profesionalisme yang tidak diragukan lagi.

Ada banyak aspek yang bisa kita pertimbangkan dalam memilih fotografer untuk pernikahan, tinggal anda sendiri yang menentukan.

Related posts:

Upacara Siraman
Upacara Adat Peningsetan
Akad Nikah
4 Hal yang Harus di Perhatikan Saat Pesta Pernikahan Outdoor

mimin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *