Pernikahan Dini dan Dampaknya Pada Kesehatan Reproduksi Pernikahan Dini dan Dampaknya Pada Kesehatan Reproduksi
Pernikahan adalah sebuah tujuan dari jalinan cinta kasih antara sepasang kekasih untuk melangkah ke tahap kehidupan selanjutnya yaitu kehidupan berkeluarga. Banyak aspek yang mempengaruhi... Pernikahan Dini dan Dampaknya Pada Kesehatan Reproduksi

Pernikahan adalah sebuah tujuan dari jalinan cinta kasih antara sepasang kekasih untuk melangkah ke tahap kehidupan selanjutnya yaitu kehidupan berkeluarga. Banyak aspek yang mempengaruhi untuk seseorang memutuskan segera menikah.

Pernikahan dini bagi sebagian personal dan masyarakat dapat menghindarkan remaja dari perilaku berzina mengingat pergaulan sekarang sangatlah susah dibatasi. Akan tetapi, disamping hal tersebut, alangkah baiknya jika kita juga mempertimbangkan dari sisi kesehatan atau efek yang kemungkinan terjadi jika memutuskan untuk menikah dini. Simak pernikahan dini dan hubungannya dengan kesehatan reproduksi berikut ini.

Pernikahan Dini dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Reproduksi

Salah satu dampak dari pernikahan dini bagi gadis di bawah umur adalah tentang kesehatan reproduksi. Berdasarkan situs www.bimbingan.org bahwa akibat pernikahan dini bagi kesehatan reproduksi sangat beragam dan membahayakan.

Sudah sepantasnya gadis belia yang masih dibawah umur tidak dipaksa untuk menikah dini. Jika dipaksakan akan berakibat buruk bagi kesehatan reproduksi gadis itu. Si gadis akan mengalami rasa sakit yang luar biasa saat berhubungan intim, bisa juga terjadi trauma yang mendalam bagi si gadis.

Jika hubungan intim itu tetap dipaksakan akan terjadi perobekan yang cukup lebar dan bisa terjadi infeksi. Meskipun gadis tersebut sudah mengalami masa menstruasi dan secara fisik telah siap menjadi istri dan ibu, namun mental dan psikisnya masih belum cukup matang.

Penting sekali memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang bahaya seks bebas di usia remaja. Dengan bebas dari seks bebas, maka remaja belia tidak akan pernah mengalami nikah muda.

Jadi, jika anda benar- benar siap menikah, janganlah hanya dipertimbangkan dari sisi religi ataupun sosial, pertimbangkan pula sisi kesehatan karena itu juga faktor penting untuk melangkah ke kehidupan berkeluarga.

 

 

 

Related posts:

Upacara Adat Peningsetan
7 Tips Memilih Wedding Organizer
Tipe wedding organizer seperti apa yang kamu butuhkan?
Pertimbangkan 5 hal ini sebelum mengundang mantan ke pernikahan

mimin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *