Proses upacara adat siraman Proses upacara adat siraman
Upacara adat siraman merupakan salah satu hal yang di laksanakan sehari sebelum ijab qobul, dan langkah – langkahnya pun harus di perhatikan dan di... Proses upacara adat siraman

Upacara adat siraman merupakan salah satu hal yang di laksanakan sehari sebelum ijab qobul, dan langkah – langkahnya pun harus di perhatikan dan di persiapkan dengan matang.

Berikut langkah- langkah atau tatacara upacara siraman, terutama dalam adat jawa:

  • Tempat pelaksanaan siraman
    tempat siraman dapat dilakukan di halaman rumah, taman maupun kamar mandi.
  • Memandikan
    hubungi kerabat atau keluarga yang akan ikut memandikan. Karena biasanya selain kedua orang yang dapat memandikan calon  pengantin, kakek atau orang-orang yang dianggap sepuh atau dituakan dan mempunyai cucu serta reputasi yang baik bisa turut   memandikan calon pengantin.
  • Alat-alat
    Kebutuhan mendasar dari prosesi siraman adalah sejumlah barang-barang seperti kursi, tempat menampung air, gayung, kembang  setaman, handuk, kendi dan lain sebagainya.
  • Sesaji
    Sebelum prosesi dimulai, wajib mempersiapkan pula sesaji untuk siraman yang biasanya terdapat sepuluh macam sesaji salah satunya adalah seekor ayam jago.
  • Kiriman air
    Dari pihak keluarga calon mempelai wanita, biasanya harus mengirim sebaskom air kepada pihak pria. Dan biasanya air ini di kenal  dengan sebutan suci perwitosari yang artinya sari kehidupan. Air ini di campur dengan bunga-bungaan yang ditaruh dalam wadah  yang bagus dan cantik. Kemudian dicampurka dengan air yang akan dipakai untuk memandikan penganten pria.
  • Pameas memecah kendi
    Pihak terakhir yang memandikan calon mempelai membantingkan kendi di lantai sambil mengucapkan “wis pecah pamore” yang artinya calon mempelai pengantik yang gagah dan cantik sudah siap untuk menikah.

Related posts:

Upacara Siraman
Paket Pernikahan Jember
5 Inspirasi Tren Gaun Pengantin 2017
4 Hal yang Harus di Perhatikan Saat Pesta Pernikahan Outdoor

mimin

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *